Kamis, 31 Desember 2015

TREND PARIWISATA 2016


Tahun 2016 sudah tiba, ada banyak pertanyaan yang berkecamuk di kepala saya terkait dunia pariwisata secara global , khususnya bagaimana sebenarnya trend dari berwisatanya para wisatawan dunia di tahun 2016. Karena ini tentunya sangat penting selain memberikan secara makro tentang kondisi pariwisata dunia terkini juga dapat menjadi satu acuan di dalam menelurkan kebijakan-kebijakan yang terkait dengan pengembangan pariwisata di negera kita.

Saya kemudian tergelitik melakukan sedikit riset , lalu  dari berbagai literature yang saya baca, ada bermunculan pertanyaan- pertanyaan dasar  yang perlu juga untuk dicari jawabannya, seperti misalnya :

1.     Mengapa Orang mau melakuan perjalanan di tahun 2016 ?
2.     Bagaimana mereka memutuskan sebuah daerah untuk menjadi tujuan wisata mereka?
3.    Bagaimana kira-kira pengeluaran mereka disaat mereka berlibur di tahun 2016 , akankah jauh lebih banyak daripada tahun 2015 ?
4.   Dan bagaimana dampak dari pilihan yang para wisatawan lakukan di tahun 2016 terhadap industri pariwisata secara keseluruhan ?


Dalam Menjawab empat poin itu , jika kita melihat hasil penelitian dari TripBarometer bersama TripAdvisor dari hasil analisa survey  dari lebih 44.000 tanggapan dari wisatawan dan pelaku bisnis pariwisata dunia maka dapat disimpulkan yang akan menjadi trend baru dalam travel 2016 adalah :

Trend # 1 - Mencari pengalaman baru

Bahwa wisatawan dari berbagai macam segmen usia cenderung untuk mencari hal-hal yang belum mereka coba sebelumnya , seperti berlibur ala petualang backpacker dan  menggunakan kapal cruise.

Data yang di analisis Secara globaldi dapatkan bahwa 69% dari wisatawan berencana untuk mencoba sesuatu yang baru ( hal yang pertama kali bagi mereka ) pada tahun 2016, diantaranya 1 dari 5 wisatawan global mengatakan bahwa mereka akan mencoba kapal cruise untuk pertama kalinya , 17% akan melakukan “ solo travel “ untuk yang pertama kalinya dan  15% akan mencoba perjalanan ala petualang ( backpacpacker) untuk yang pertama kalinya juga.


Trend # 2 – Pengeluaran Budget Liburan sudah tidak lagi menjadi issue karena sudah dipandang memang layak untuk dikeluarkan

Saat ini Di seluruh dunia, wisatawan sudah mulai  terbuka dan memahami kalau memang kebutuhan akan budget liburan di tahun 2016 adalah berbeda dengan tahun sebelumnya.
Data survey yang dihasilkan bahwa  1 dari 3 wisatawan ( 33%) sudah berencana untuk menghabiskan lebih banyak budget liburan mereka  pada tahun 2016 daripada yang mereka lakukan pada tahun 2015.

Di antara para wisatawan  yang berencana untuk meningkatkan budget liburan mereka, 49% mengatakan mereka akan melakukannya dengan alasan karena mereka atau keluarga mereka layak mendapatkannya.

Sedangkan 31% mengatakan alasan mereka akan menghabiskan lebih banyak budget liburan mereka  karena alasan hal itu penting untuk kesehatan  dan kesejahteraan.

Trend # 3 – Wisatawan Memilih daerah tujuan wisatawanya karena  berdasarkan keragaman  keunikan budaya, keindahan alam dan adanya  penawaran khusus dari akomodasi.

Wisatawan hari ini memilih tujuan untuk sejumlah alasan, termasuk penawaran khusus dari akomodasi.

Data analisis Secara global menyimpulkan bahwa 47% dari wisatawan mengatakan mereka memutuskan  memilih daerah tujuan wisata  karena keunikan dan keindahan budaya alam  dan keunikan prilaku masyarakat lokalnya.
1 dari 5 wisatawan (21%) memilih tujuan karena sebuah hotel memiliki tawaran atau paket khusus yang mereka baca di channel informasi mereka.

Promosi Pariwisata di  Televisi juga  tidak bisa untuk dikesampingkan bahwa 1 dari 5 wisatawan global yang telah memutuskan daerah  tujuan wisatanya dikarenakan alasan  mereka melihat iklannya di sebuah acara TV.

Trend # 4 – Kamar Hotel Ber – AC dan Free Wifi

Fasilitas kamar Ber AC dan WIFI adalah hal yang paling utama bagi para wisatawan disaat mereka memilih hotel tempat mereka tinggal. Dimana Secara global, 63% dari wisatawan mengatakan AC adalah harus ada ketika mereka memilih hotel , adanya service sarapan (40%) dan fasilitas kolam renang (26%).
Dan 46% mengatakan fasilitas gratis WiFi di kamar adalah harus,  jika akomodasi hotel tidak memberikan itu, mereka akan cenderung mencari tempat lain.

26% dari wisatawan mengatakan bahwa mereka membutuhkan akomodasi yang memiliki fasilitas WiFi super cepat, dan 11% bersedia membayar ekstra untuk layanan ini.

Trend # 5 - Meningkatnya tarif kamar

Bahwa di tahun 2016 akan terjadi kecenderungan kenaikan tarif kamar dari akomodasi hotel, dan banyak dari pelaku industri perhotelan yang merasa optimis bahwa di tahun 2016 mereka akan lebih banyak meraih keuntungan dari tahun 2015.

Dari survey yang dilakukan di temukan bahwa 3 dari 4 pemilik usaha optimis akan meraih laba lebih pada tahun 2016.
Dan Hampir setengah dari para pelaku bisnis perhotelan global berencana untuk meningkatkan tarif kamar pada tahun 2016 (47%).

Alasan Kebanyakan akomodasi menaikkan tariff  adalah untuk mengimbangi peningkatan biaya overhead (65%), meskipun lebih dari sepertiga menaikkan tarif dikarenakan alasan renovasi yang baru selesai (37%) atau karena meningkatnya permintaan (35%).

Dan 3 dari 4 pemilik usaha pariwisata optimis tentang profitabilitas pada tahun 2016. Mayoritas mereka yang optimis mengatakan itu karena banyaknya event lokal dan kegiatan MICE yang akan dilakukan oleh market tamu  mereka ditahun 2016 (65%) .
91% dari pelaku bisnis perhotelan melihat  bahwa dengan cara direct booking adalah sebagai kunci sukses bagi masa depan bisnis mereka.

Trend # 6 - Mengelola Reputasi secara online

Kehadiran online tetaplah menjadi penting,  Pada tahun 2016, bisnis pariwisata tidak bisa menutup mata tentang bagaimana kekuatan reputasi perusahaan sangat penting untuk dijaga di online

Karena 93% dari pelaku bisnis perhotelan mengatakan bahwa tinjauan online dari para wisatawan sangat penting bagi masa depan bisnis mereka.
Manajemen reputasi online masih merupakan  investasi terbesar bagi pemilik bisnis akomodasi di tahun 2016, dengan  nilai pembiayaan investasi 59%  lebih banyak di post ini daripada yang mereka lakukan di tahun sebelumnya.

Demikian 6 poin utama dari trend travel dunia 2016 , semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua di dalam menyusun kerangka kebijakan terkait membangun pariwisata Indonesia , yang tidak saja mensejahterakan industrinya tetapi juga mensejahterakan rakyatnya.
Selamat Bekerja untuk lebih hebatnya Pariwisata Indonesia di 2016

Taufan Rahmadi
Praktisi Dunia Kreatif, Komunikasi
Dan Digital Promosi Pariwisata

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB

2 komentar: