Minggu, 18 Maret 2012

CITRA DAN PRESTASI DUNIA PARIWISATA NTB

CITRA DAN PRESTASI DUNIA PARIWISATA NTB

“We cannot build our own future without helping others to build theirs.”
― Bill Clinton

Bulan maret 2012, Visit Lombok dan Sumbawa 2012, sudah memasuki bulan ke-3 pelaksanaannya, berarti masih ada 9 bulan  tersisa waktu guna menyukseskan program ini guna memenuhi target kunjungan 1 Juta wisatawan ke NTB, namun sebenarnya yang lebih penting daripada itu adalah, bagaimana program " VLS 2012 " ini bisa membangun keabadian suasana kepariwisataaan yang mampu nantinya menjadi sebuah gerakan bersama segenap komponen masyarakat NTB,dan tidak selesai pada tatanan pemberi kebijakan saja.

Pariwisata NTB adalah identitas yang membuat NTB selalu dirindukan para wisatawan dunia di setiap saat mereka akan menghabiskan musim liburan mereka, solusi dari kepenatan, jawaban dari keunikan budaya, kesimpulan dari semua pertanyaan tentang keindahan alam yang diimpikan, ini adalah VISI yang harus kuat ada di segala sendi kehidupan masyarakat NTB, dan kalau ini bisa terjadi, pariwisata NTB akan menjadi destinasi no 1 di dunia tidak akan terbantahkan.

dari judul tulisan artikel ini maka saya akan mencoba mengulas, pertama apa itu " CITRA PARIWISATA NTB " dan yang kedua, apa itu " PRESTASI PARIWISATA NTB "

CITRA PARIWISATA NTB

Citra, dilihat dari arti katanya adalah,ekspresi, gambaran, atau bayangan semua yg diketahui secara objektif, dalam konteks wisata, berarti adalah : kesan, praduga perseorangan atau kelompok mengenai tempat tujuan wisata tentang kebudayaan, keindahan alam, dan hasil kerajinan daerah wisata tertentu.

Citra pariwisata NTB, bila mengacu pada terminologi itu maka akan dijelaskan  sebagai berikut :

1. pariwisata NTB, belum bisa dicitrakan secara untuh sebagai sebuah " pariwisata NTB ", karena wisatawan masih banyak yang kurang familiar dengan sebutan " NTB" , lebih familiar dengan sebutan " wisata lombok ", sedangkan " sumbawa " sendiri lebih sering disangkutpautkan daerah yang merupakan bagian dari propinsi " NTT ", yang lebih ekstrim lagi ada yang melihat " sumbawa " adalah " sumba " di flores.

2. pariwisata NTB, adalah " sub destinasi ", perhatikan saja apabila ada selles kit dari travel agent, buku2 travel , tulisan " lombok " selalu lebih kecil dari tulisan " Bali ", Bali dan Lombok sering dipaketkan, namun belum selalu menjadi utama.

3. pariwisata NTB, adalah masih serba " terbatas ", terbatas dalam arti sarana pendukung fisik ataupun sarana pendukung informasi dan promosi. namun saya yakin ini akan segera teratasi dalam waktu tidak lama lagi setelah lombok sendiri masuk dalam program MP3EI ( masterplan perencanaan percepatan pembangunan ekonomi indonesia ) dan NTB masuk dalam koridor 5, dimana salah satu mega project yang akan dilakukan adalah " pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi mandalika lombok tengah yang akan menelan biaya sekitar 30 trilyun rupiah, yang ground breakingnya telah dilakukan oleh bapak presiden SBY di tahun 2011 baru lalu.



PRESTASI PARIWISATA NTB

bicara tentang prestasi pariwisata NTB, sebenarnya dapat dilihat dengan pengakuan banyak pihak tentang betapa indahnya dan uniknya obyek-obyek wisata yang tersebar di lombok dan sumbawa, lihat saja bagaimana "venue" magazine melalui edisinya no 9 bulan maret 2012 menempatkan lombok di urutan ke 5, setelah bali, komodo, jogjakarta, jakarta, sebagai destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan mancanegara di dalam berkunjung ke Indonesia, Lombok juga mengalahkan, bandung di urutan ke 6 dan menado di no urut ke 7.

Belum Lagi apresiasi yang diberikan oleh national geographic, lonely planet, jurnalis-jurnalis pariwisata dunia yang kerap menempatkan lombok dan sumbawa sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi di dunia.

Lombok dan Sumbawa, sudah memiliki " prestasi " nya sendiri tanpa perlu diragukan tentang anugerah keindahan obyek wisata dan keunikan budaya para penduduknya, tinggal sekarang bagaimana " prestasi " ini mampu kita tanamkan di setiap insan NTB, menjaga dan meningkatkannya , menjadikannya sebuah kebanggaan yang menghidupkan bukan sekedar legenda yang dibicarakan.

kembali, Visit Lombok Sumbawa 2012, 9 bulan lagi berjalan, tidak bisa menganggap gampang tentang dunia pariwisata, dibutuhkan hati yang penuh di dalam menggarapnya, setengah hati akan membuat dunia pariwisata NTB akan tertinggal dari daerah lain di Indonesia bahkan daerah lain di dunia.

kalau memang NTB kita serba " terbatas ", dan kalau memang NTB kita masih belum menjadi no 1,ini adalah PR yang harus kita tuntaskan bersama untuk kemajuan dunia pariwisata kita, kita harus terus kreatif dalam ide dan solusi.

bagaimana NTB ? Mari kreatif !


Taufan Rahmadi Sembilan
Volunteer Indonesia Travel Care
follow @taufan09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar