Selasa, 11 Desember 2012

PEREKONOMIAN INDONESIA & MARKETING TRENDS 2013


PEREKONOMIAN INDONESIA & MARKETING TRENDS 2013
(oleh – oleh dari acara “ Service Excelence Awards 2012 “ bersama MarkPlus Inc  dan Bapak Hermawan Kertajaya)

" Nonsen Kita mampu menyusun sebuah bisnis plan yang bagus kalau kita tidak memahami makro ekonomi, seorang marketer  tidak boleh terjebak kepada pemahaman bahwa marketing itu hanya memahami tentang promosi dan jualan saja, tetapi juga harus memahami tentang finance , sosial kultur dan iklim perpolitikan "

( Hermawan Kertajaya, SEA Award 2012 )

statement awal bapak hermawan ini benar-benar membongkar pemikiran saya tentang dunia marketing, memperbesar dimensi dan cakrawala saya tentang bagaimana tepatnya  sebuah agenda perencanaan bisnis dan marketing harus dilakukan menyongsong 2013 ini.

Bapak Hermawan di dalam awal presentasinya menjelaskan tentang rekomendasi Komite Ekonomi Nasional ( KEN ) dalam menyongsong tahun baru 2013 ini, yang dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. untuk mengantisipasi krisis global,  pemerintah harus menyiapkan diri dengan seksama, cepat dan terukur sehingga kepercayaan pelaku ekonomi cepat terjaga, payung hukum jaring pengaman sistim keuangan ( JPSK ) menjadi prioritas dalam persidangan DPR 2013. 

2. perlu dipersiapkan ruang fiskal yang cukup sebagai amunisi untuk dapat dipakai menjadi fiskal stimulus pada saat terjadinya tekanan ekonomi yang berasal dari eksternal.

3. evaluasi subsidi , BBM, listrik dan subsidi lainnya perlu dilakukan secara menyeluruh .

4. pemerintah bersama swasta perlu memperbaiki efisiensi mesin perekonomian , kerja keras untuk memperkuat struktur industri nasional perlu dilakukan dengan mengawal transformasi ekonomi dari industri bernilai tambah rendah  menjadi industri yang bernilai tambah tinggi.

5.pemerintah perlu memperbaiki daya saing ekonomi, khususnya di tengah globalisasi. Selain itu, hal ini perlu didukung dengan pengurangan tingkat inefisiensi birokrasi, etos kerja, dan peraturan perburuhan.

6. kemampuan ekonomi nasional untuk menciptakan lapangan kerja harus menjadi menjadi prioritas kebijakan pemerintah indonesia, perlu meningkatkan jumlah pelaku usaha berkualitas secara signifikan melalui gerakan entrepreneurship, kebijakan fiskal perlu dirancang untuk memberikan insentif terhadap industri yang menyerap tenaga kerja banyak, khusunya industri pionir yang berlokasi di luar jawa.

7. pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap permasalahan tenaga kerja secara komprehensif dan mengambil inisiatif untuk menjembatani kebuntuan perundingan mengenai ketanagakerjaan .

8. untuk mengurangi kesenjangan dan memberikan perlindungan sosial , pembangunan ekonomi indonesia perlu melibatkan partisipasi yang lebih luas, akses rumah tangga terhadap faktor produksi , pendidikan, kesehatan dan keuangan harus diperbaiki dan dibuka seluas mungkin.

9. untuk memeperbaiki daya beli masyarakat disamping penciptaan lapangan kerja dan kenaikan upah , elemen pentingnya adalah pengendalian kenaikan harga - harga. selain berkoordinas dengan Bank Indonesia pemerintah berperan penting untuk mengendalikan harga melalui perbaikan distribusi , logistik , modernisasi pasar tradisional , mengefektifkan peran bulog, serta mencegah terjadinya persekongkolan dalam penentuan harga barang kebutuhan pokok.

9 point rekomendasi diatas menjadi sebuah acuan bagi dunia bisnis di indonesia di dalam mempersiapkan langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan , sebuah " blueprint of strategy " didalam menghadapi tantangan tahun 2013, yang sarat akan potensi terjadinya tekanan ekonomi global, kenaikan harga barang yang dipicu oleh evaluasi subsidi BBM dll, tidak lagi fokus pada industri dengan komoditi barang rendah melainkan komoditi dengan bernilai tinggi, 

lebih jauh lagi, Bapak Hermawan Kertajaya menjelaskan tentang " forces of change 2013 " , sebuah analisa tentang perkembangan dunia marketing di tahun 2013, " optimisme boleh , tapi harus tetap ditunjang oleh elemen-elemen realitas dalam pencapaian dan aktualisasinya di lapangan, ujar beliau sebelum melanjutkan membahas paparannya.

1. Indonesia akan banjir oleh apa yang dinamakan" data explosion " dimana masyarakat di indonesia lebih dari 40 % nya menghabiskan waktunya rata-rata lebih dari tiga jam sehari di depan internet, perkembangan bisnis di bidang smart technology akan terus mengalami perkembangan yang siginificant, industry teknologi yang sudah memiliki kemampuan didalam mengkomunikasikan  " mechine to mechine " akan terus mengalami inovasi dalam features nya yang menyesuaikan dengan kebutuhan market yang masih begitu besar di indonesia. Seperti yang dilakukan Telkom dalam 2013 nanti dengan  pembukaan " A Million Hotspots " sejuta titik wifi gratis di Indonesia, sebuah konsep paradox marketing yang diterapkan guna menjawab kebutuhan pasar akan data internet di indonesia.


2. Demokratisasi dan reformasi telah menjadikan indonesia menjadi daerah yang  terbuka, terlebih dengan kebijakan otonomi daerah yang memberikan keleluasaan bagi setiap daerah di dalam membangun daerahnya, kondisi ini akan menimbulkan trend bahwa, para investor sudah tidak lagi memiliki ketrgantungan utama kepada " Jakarta "  di dalam membangun investasinya di Indonesia, tetapi para investor akan dengan bebas datang dan merealisasikan tujuan investasinya secara langsung kepada pemda setempat, hal ini memicu perlombaan kemajuan dalam pembangunan di daerah-daerah secara impresif, seperti yang dilakukan oleh pemerintahan China kepada Kalimantan Timur ataupun Korea selatan kepada Aceh.

3. Diversifikasi produk daerah akan menjadi sebuah strategi unggulan, memunculkan selling point yang mencerminkan ciri khas daerah akan mengundang lebih banyak keberhasilan dan mampu menarik perhatian dari target market yang dituju.

4. Di tahun 2013 ini, Perekonomian Indonesia akan terbang dengan dua mesin utamanya, mesin " domestic consumption " dan mesin " Investasi ", artinya disini, bisnis yang bakal mengalami perkembangan yang bagus adalah bisnis yang berkaitan dengan sektor pemenuhan kebutuhan domestik seperti komoditi makanan, retail, media informasi, jasa dst, sedang untuk dunia investasi seperti, properti, emas dan logam mulia, dsb

5. Perkembangan social media marketing, the viral power memiliki kemampuan daya ubah yang semakin luar biasa di tahun 2013, dimana dengan social media ini telah mampu menjadikan hubungan yang tadinya penuh dengan batasan saat ini menjadi sangat terbuka, exclusive menjadi inklusif, individual menjadi social.

6. Market potensial di tahun 2013, adalah kaum generasi muda, ibu rumah tangga, dan para netizen ( pengguna internet ), oleh karena itu sangat pentinglah di dalam penciptaan strategi marketing perusahaan untuk menciptakan produk yang mampu memenuhi kebutuhan market potensial tersebut dan memaksimalkan dunia internet sebagai sebuah jaringan informasi di dalam memasarkan produknya. 

Tahun 2013 adalah adalah tahun " Marketing : Into Innovation and Technology ", menyongsong tahun 2013 ini , Bapak Hermawan Kertajaya menjelaskan 13 Strategi yang beliau namakan " The 13 game Changers In Indonesia " :

1. Connectivity, bangunlah konektifitas dengan para customer, pesaing, dan para agen dalam waktu yang ter-update (in real time )
2. Community, bangunlah komunitas, baik secara online ataupun online, jangan berbicara produk jual secara langsung tapi mulai dengan membangun kesamaan kebutuhan.

3. Confirmation, lakukan konfirmasi, pastikan kalau produk yang akan anda hasilkan merupakan produk yang dibutuhkan masyarakat, riset dan analisa dengan pemahaman lapangan yang baik adalah elemen data yang penting dalam pengambilan keputusan untuk membangun tujuan bisnis kedepan.

4. Clarification, lakukan klarifikasi terhadap positioning produk yang anda lakukan, tidak cukup di jargon, slogan ataupun tagline, tetapi harus menyentuh kepada penjelasan dan aplikasi di lapangan.

5. Codification, ciptakan identitas produk yang hanya dimiliki secara special oleh produk anda, menjadi ikon dan trendsetter.

6. Co-Creation, berikan kesempatan kepada customer anda untuk berkreasi juga di produk yang anda ciptakan, open space for creativity and existency

7. Currency, strategi harga harus berbasic pada paradigma ukuran yang jelas, baik itu mengenai fasilitas yang didapatkan ataupun nilai lebih dari produk tersebut.

8. Communal Activation, berikan aktiiftas kepada komunitas customer anda dengan aktifitas yang membuat mereka merasa terlibat dalam pengalaman ataupun situasi yang mengasyikkan.

9. Conversation : ciptakan komunikasi dua arah kepada customer dengan mencoba menjembantani dan memberikan solusi terhadap segala permasalahan dan kebutuhan mereka.

10. Commerzialization, jangan berfikir hanya menjual tapi coba untuk menciptakan sebuah tekhnik menjual yang mampu menghadirkan iklim pertemanan dan saling menguntungkan dalam prakteknya.

11.Character, bangunlah karakter untuk memperkuat brand dari produk anda, sebuah kepercayaan sebuah kenyamanan adalah salah satu contoh karakter produk yang harus tertanam di benak hati customer terhadap brand anda.


12. Care, jangan terbatas hanya berfikir service tetapi berfikirlah juga tentang masalah perhatian kepada customer, hal ini akan meningkatkan loyalitas customer kepada produk anda.

13. collaboration, ciptakanlah kerjasama dengan pihak lain guna saling menunjang keberhasilan anda di dalam menciptakan produk yang berkualitas dan diterima oleh customer.

Ke- 13 point diatas merupakan kesimpulan dari apa yang dipaparkan dalam acara " service excelence award 2013 " oleh Bapak Hermawan Kertajaya, pendiri Mark Plus Inc, yang berlangsung 11 Desember 2012, sebuah pencerahan yang mampu memberi asupan pengetahuan guna menyusun strategi-strategi bisnis di tahun 2013 yang sebentar lagi akan menjelang.

Ayo semngat ! Tundukkan 2013

Salam,

Taufan Rahmadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar