Sabtu, 24 Agustus 2013

CATATAN T9 : BELAJAR DARI EVENT ASEAN


CATATAN T9 : BELAJAR DARI EVENT ASEAN

Minggu, 25 Agustus 2013
-- di 2/3 malam --


... di dalam situasi yang sulit, di dalam kondisi yang tidak menguntungkan, di dalam kondisi yang penuh tekanan, jangan diam, terus saja bergerak, hadapi tantangan dengan keberanian, dalam kebermaknaan tujuan kita pasti menemukan kemudahan dari Tuhan ...

setiap project kreatif selalu memiliki ceritanya sendiri, mulai dari tahapan mencari ide, melobby, negosiasi, dealing, persiapan, pengerjaan , lalu diakhiri dengan pembuatan laporan, setiap tahapan itu bagaikan " episode kreatif " dimana di dalamnya ada bertabur cerita suka duka yang memberikan banyak pelajaran.

di dalam mengerjakan project " ASEAN " ini ada pelajaran penting yang saya petik, bahwa sebuah kesuksesan dalam event itu tidak diraih oleh karena peran satu orang, melainkan kerjasama setiap pribadi yang terlibat di dalamnya, hambatan yang terjadi adalah hal biasa, terus cari solusi, fokus di tujuan akhir, yaitu kesuksesan event itu sendiri.

membangun team dalam event itu tidak mudah, setiap pribadi yang baru saling kenal pastilah penuh dengan " tabir " dalam setiap interaksinya, dan ini kerap menimbulkan kekakuan, ini tidak boleh terjadi, koyak kekakuan itu dengan chemistry persahabatan yang dihadirkan, carilah titik persamaan diantara banyak perbedaan.

seperti dalam ASEAN, saya tadinya tidak mengenal sama sekali siapa dan bagaimana sosok dari orang - orang yang tergabung dalam team saya, berbeda budaya, berbeda usia, berbeda bahasa, dst, menyadari itu saya tidak tinggal diam, saya mencoba " blusukan " di hati setiap team, berusaha menciptakan chemistry persahabatan  dengan memulai membicarakan tentang "siapa diri mereka" bukan tentang "siapa diri saya ", dan itu berhasil.

ASEAN, event yang sederhana dalam tatanan produksi, tapi sarat makna pembelajaran tentang bagaimana terus tanpa putus asa mencari titik persamaan dalam beragam perbedaan, kita memang belum utuh menjadi satu karena singkatnya waktu, tapi saya yakin akan ada banyak pribadi pribadi yang luar biasa yang akan lahir setelah ini, dan menganggap event ini sebagai sebuah " leverage ", sebuah daya ungkit untuk mewujudkan catatan - catatan kecil dari mimpinya. selamat datang masa depan !

Farewel ASEAN, Semangat Terus Generasi Kreatif Indonesia

salam,

Taufan Rahmadi | T9

1 komentar:

  1. Sungguh pengalaman dan pelajaran yang sangat banyak di peroleh.. telah belajar dari mas taufan..

    BalasHapus