Minggu, 13 Juli 2014

ROADMAP BPPD NTB 2014 - 2017



... menjadikan BPPD NTB adalah Rumah Promosi Pariwisata yang terbuka dalam rangka menyatukan langkah segenap Masyarakat NTB dalam Ikhtiar memperkenalkan Keunggulan Pariwisata NTB di Pentas Dunia ....

Bagian 1
Kebijakan Strategis BPPD NTB

Kebijakan strategis BPPD NTB diantaranya sebagai berikut :

1.Membangun sistem promosi pariwisata yang kreatif, inovatif dan interaktif.
2.Melakukan promosi di dalam dan luar negeri yang lebih selektif.
3.Meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan wisatawan
4.Memperluas target pasar promosi pariwisata dalam dan luar negeri.
5.Menambah diversifikasi produk dan pelayanan pariwisata.
6.Mengupayakan peningkatan anggaran promosi pariwisata NTB di luar APBD

Bagian 2
Tujuan dan Sasaran Program

          BPPD NTB dalam promosinya, mengkategorikan tujuan programnya ke dalam beberapa tujuan berikut ini:

1. Mempromosikan keunggulan potensi pariwisata NTB sebagai tujuan  
2. wisata yang menarik dan menguntungkan bagi wisatawan dan masyarakat.
3. Meningkatkan dan memantapkan citra wisata NTB di pasar domestik  dan internasional. (image branding)
4. Menyebarluaskan informasi dan pengetahuan tentang produk – produk wisata NTB yang telah dikembangkan.
5. Membangun dan membina komunikasi yang efektif dengan media dan pers nasional maupun internasional.

Bagian 3
Strategi Promosi

          Untuk mempromosikan daerah tujuan wisata di Provinsi NTB maka secara umum BPPD  NTB akan
          menerapkan dua strategi utama yang dapat dijalankan bersama – sama dengan Pemerintah  Provinsi NTB maupun Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten.

Dua Strategi tersebut adalah :

1.Program Pengembangan Kehumasan (Lokal, Nasional, Regional, Internasional).
2.Pengembangan Promosi Jasa Wisata dan Tempat wisata.

1.Program Pengembangan Kehumasan :

a. Program kunjungan wartawan nasional dan luar negeri.
b. Pengembangan fitur – fitur wisata dan press release.
c. Persiapan mengikuti event – event nasional dan internasional yang terkait dengan tujuan program.
d. Program pembentukan citra NTB (image branding)
e. Pengembangan perpustakaan wisata online dan data center.
f. Keikutsertaan dalam keanggotaan organisasi pariwisata internasional.
g. Program pengendalian dan manajemen krisis
h. Program presentasi pada potensi buyers
i. Memilih dan mengikuti trade show / travel mart dalam & luar negeri
j. Program kunjungan pendidikan dan buyers visit
k. Berpartisipasi dalam organisasi internasional dan lembaga pemasaran
l. Koordinasi dengan agen penyelenggara perjalanan internasional
m. Pengembangan kerjasama advertising dengan organisasi dalam dan luar negeri
n. Mengikuti seminar pemasaran dan wisata dalam dan luar negeri
o. Menyelenggarakan misi promosi dan road show daerah ke daerah lain di dalam dan luar negeri

          2.  Pengembangan promosi jasa wisata dan tempat wisata

a) Perluasan jejaring distribusi melalui kegiatan promosi bersama dengan perusahaan penerbangan, perhotelan, pelayaran cruise, operator tur perjalanan dan instansi terkait lainnya.

b) Program kegiatan iklan tempat wisata di media terpilih.

c) Menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan pameran wisata dan seminar wisata (nasional maupun internasional)

d) Mengembangkan materi-materi kunjungan wisata melalui video, slide, film, brosur dan media lainnya.

e) Membangun dan memelihara web site BPPD NTB dan on line data center.

f) Mendukung program pelatihan dan peningkatan kualitas SDM untuk stakeholders pariwisata sebagai agen pemasar pariwisata.

Bagian 4
Program Jangka Pendek

1.Menetapkan Standard Promotion Plan & Strategy (SOP)

2.Menguatkan kinerja internal lembaga 
   (Organisasi/Assosiasi, Pengurus & Eksekutif)

3.Tourism Media Center

4.Kemitraan dengan SKPD terkait di Pemerintah Provinsi NTB dan dengan masing – masing disbudpar ataupun  BPPD di Kabupaten dan Kota

5.Crisis Center Desk untuk mengantisipasi isu – isu negatif seputar dunia pariwisata NTB

6.Internet Marketing : web site, socmedia, email blast dll

Bagian 5
Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan : 
1. Permasalahan Pariwisata NTB bisa diurai dan dicari jalan keluarnya dengan kerja kolektif, cerdas dan efektif.
2. BPPD NTB merencanakan program kerjanya berbasis pada 6 program awal yang meliputi ; standarisasi program, Tourism Media Center, penguatan internal, kerjasama kemitraan, crisis center dan penggunaan teknologi IT

Saran :
Di dalam Pengembangan dan perluasan jasa wisata dan produk-produk wisata perlu dilakukan :
a) Survei keinginan dan harapan wisatawan (data & info gathering)
b) Audit potensi wilayah dan wisata ( data & Info gathering)
c) Program pengembangan produk wisata yang ada (development)
d) Program pengembangan produk wisata yang baru (research & dev)
e) Pengembangan kualitas dan kemasan produk wisata (development)
f) Program sport tourism, adventures, ecoproduct dan ecotourism
g) Program pengembangan wisata kreatif
h) Program wisata religi dan wisata Islami (Wisata Syariah)
i) Penyelenggaraan trade show
j) Perlunya peningkatan anggaran promosi pariwisata


ROAD MAP BPPD NTB 2014 - 2017 on @slideshare http://www.slideshare.net/taufanrahmadi/road-map-bppd-ntb-2014-2017 via @SlideShare , silahkan downlod presentasi disini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar