Rabu, 03 Agustus 2011

ANALISA PETA POLITIK MENJELANG MUNAS HIPMI ( CHAPTER 1 )

ass.wr.wb

Kawan-kawan Hipmi Se Indonesia


Pesta demokrasi HIPMI tidak berapa lama lagi akan berlangsung, gerakan-gerakan mengusung para kandidat sudah dilakukan oleh masing-maisng team sukses meskipun masih terkesan " malu-malu " di beberapa kesempatan.

sebuah prediksi yang cukup berani bisa saya katakan disini bahwa munas nanti akan berjalan tidak sedinamis biasanya, kandidat yang bakal muncul nantinya belum cukup mampu untuk menumbuhkan sebuah militansi bagi pemilih untuk sepenuh hati memilih para kandidat tersebut, mereka akan cenderung untuk memilih karena 2 hal yaitu , 1. siapa kandidat yang mampu mencitrakan dirinya memiliki kekuatan bisnis terbesar diantara kandidat-kandidat lainnya, 2. siapa kandidat yang mampu mewujudkan secara kongkrit di depan BPD se Indonesia tentang bentuk kerjasama usaha yang langsung menguntungkan bagi daerah.

apabila kita lihat saat ini kader-kader hipmi yang memiliki potensi untuk maju menjadi kandidat Hipmi 1 masih belum bisa dibandingkan dengan nama-nama besar seperti Erwin Aksa dan Sandiaga Uno, tapi itupun bukan berarti siapapun yang akan maju nanti tidak memiliki kesempatan membawa HIPMI menjadi lebih maju daripada saat ini.

ada beberapa nama yang menurut saya telah menjadi buah bibir dan digadang-digadang bakal maju menjadi kandidat ketum Hipmi, berikut sekilas profile tentang mereka yang saya kutip dari berbagai sumber :

1. RAJA SAPTA OKTOHARI ( RSO )

Kader Hipmi kelahiran Kalbar ini, berkeinginan mengembalikan Himpi sebagai organsiasi pengusaha muda yang tidak berpolitik dan fokus mencitpakan pengusaha-pengusaha yang capable dan tentunya menciptakan pengusaha- pengusaha baru.
RSO adalah Promotor tinju termuda di dunia, putra Oesman Sapta ini telah mengklaim mendapat 13 rekomendasi, sudah berkeliling ke seluruh BPD Hipmi se indonesia. Dalam sosialisasi dan keseriusan di dalam maju menjadi kandidat ketum di munas nanti bisa dikatakan RSO telah menunjukkan kesiapannya.

2. ERIK HIDAYAT. ( ERHI )

Sekum Hipmi Jaya yang kebetulan Putra dari Menteri Perindustrian MS Hidayat ini dibeberapa kali kesempatan mengemukakan dengan tegas bahwa dia ingin masuk hipmi mulai dari bawah dan benar-benar lepas dari nama besar orang tuanya.
aktif terlibat di dalam setiap  peristiwa - peristiwa penting di hipmi membuat ERHI begitu populer di kalangan senior-senior hipmi di pusat, terlebih pembawaan yang rendah hati, santun dan ramah membuat ERHI cepat mendapat simpati.
dari kapasitas bisnis yang dikelolanya, ERHI belumlah sebesar kandidat - kandidat lainnya, namun disaat berbicara ide dan konsep , ERHI adalah kader yang memiliki kualitas integritas yang bisa diandalkan.

3. PRIA DJAN 
kader hipmi yang merupakan CEO Priamanaya Group, pemilik Blok A dan B Pasar Tanah Abang, termasuk salah satu calon kandidat ketum hipmi yang tergolong nekat. Dengan tingkat popularitas dirinya di BPD HIpmi daerah yang tergolong masih rendah, gerakan  dari timses yang bisa pula dikatakan terlambat Pria berani mencalonkan diri maju menimbulkan "decak kagum " di hati beberapa kalangan.
adakah perjuangan PRIA tuntas hingga meraih kursi ketua umum atau berhenti di posisi lain ? PRIA mampu menghadirkan misteri itu.

4. ANINDYA BAKRIE
Anin adalah putra sulung dari pengusaha nasional Aburizal Bakrie. Sebagai generasi ketiga keluarga Bakrie,
Dalam usianya yang relatif muda ia telah memimpin sejumlah perusahaan nasional di bidang telekomunikasi dan media. Ia menjadi presiden direktur dari Bakrie Telecom dan Visi Media Asia yang membawahi ANTV, tvOne, dan VIVAnews.

memang hingga saat ini belum ada kepastian apakah anindya bakrie akan maju menjadi salah satu kandidat dalam munas nanti, kalau seandainya jadi maju maka dapat dipastikan peta perpolitikan HIPMI menjelang munas akan berubah secara drastis, dan mungkin serunya pesta demokrasi bisa kita rasakan gregetnya dalam munas mendatang.

kawan, kader-kader hipmi se indonesia, memilih seorang ketua umum yang terbaik adalah sebuah kewajiban bagi kita semua, mampukah ketua umum yang kita pilih nanti menjadi sebuah representasi utuh dari kebanggaan kita sebagai pengusaha, mampukah dia menjadi contoh dan tauladan bagi banyak manusia-manusia hipmi di Indonesia.

kawan, berkualitas atau tidaknya munas nanti salah satunya adalah kemampuan kita semua berada dalam kedewasaan di dalam melihat HIPMI sebagai sebuah medan garapan demi kemajuan dunia usaha indonesia bukan kemajuan dunia usaha yang dinikmati oleh sebagian golongan saja.

tulisan ini saya buat sebagai sebuah pemantik saja agar kita bisa menjadi katalisator bagi munculnya kader-kader selain 4 kader hipmi diatas yang mungkin bisa tampil guna memberikan pengabdiannya secara utuh untuk HIPMI

seorang " satrio piningit " kah atau seorang " Ratu adil "kah  ?  mari kita cari dan munculkan !

untuk mimpi " Negeri Kreatif Nusantara 2020 " 
hormat saya


TAUFAN RAHMADI
CREATIVE STRATEGY CONSULTANT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar