Rabu, 27 Juli 2011

SEBERAPA HIDUPKAH KANTOR KITA ?

Jakarta, 28 July 2011 
... 3 Hari menjelang Ramadhan...


" mas, 6 bulan yang lalu saya masih luntang - lantung mencari pekerjaan sebagai seorang lulusan S1, lalu kemudian saya diterima bekerja di perusahaan yang besar yang bidang bisnisnya sesuai dengan cita-cita saya, tapi setelah 6 bulan berjalan saat ini, ternyata dinamika di dalam perusahaan ini tidak seperti yang saya harapkan, stuck, pekerjaaan saya tidak lebih dari sekedar search data di internet, padahal saya ingin lebih dimaksimalkan, berdosa rasanya menerima gaji buta seperti ini, terlebih pimpinan kalau sebulan sekali ke kantor, hampa rasanya mas di kantor sebesar dan semewah ini, bagaimana mas ? apa yang harus saya lakukan ? " ujar Mira salah seorang karyawati dari sebuah perusahaan multinasional di bilangan kuningan tempat dimana saya menjalankan expertise saya sebagai creative strategy consultant selama 4 bulan berjalan ini.

petikan pembicaraan diatas adalah mungkin sebuah potret sederhana dari cetusan hati seorang karyawan yang begitu risaunya akan suasana kerja di kantor yang menurut dia tidak memiliki kekuatan visi guna dijadikan sandaran karier bagi masa depannya, mungkin juga hal ini ada di benak para karyawan kita di kantor, kantor yang telah kita lengkapi dengan segala fasilitas kenyamanan kerja, kantor yang telah kita pilih di lokasi paling premium di pusat bisnis ibukota, namun tetap saja tidak mampu menghadirkan adanya " one chemistry " disana. apa ya kira-kira yang menjadi masalah ?

sering kali yang terlupa dari banyak pribadi-pribadi seperti kita ( pengusaha ), kita begitu pintar dan lihainya di dalam berkomunikasi ataupun melobby dengan mereka yang menjadi client ataupun customer kita, kita begitu intens menjaga hubungan baik melalui meeting, pesan singkat bahkan kiriman hadiah-hadiah sebagai bentuk perhatian, lalu pertanyaannya, seberapa intenskah kita melakukan hal yang serupa dengan karyawan kita? memperlakukan karyawan kita sebagai partner kerja didalam meraih target - target perusahaan di masa depan.

kantor seringkali menjadi "rumah kedua" kita, malah beberapa orang menganggapnya menjadi "rumah utama" , karena kita lebih banyak menghabiskan kehidupan kita di kantor daripada di rumah sendiri, kepiawaian kita sebagai pemimpin perusahaan untuk menjaga harmoni dan dinamika di dalamnya sangat memegang peranan penting untuk menghadirkan " one chemistry ", dimana konsistensi dalam berkomunikasi dengan mereka adalah salah satu kuncinya. 

kantor yang kita miliki adalah sebuah markas strategi bagi kita di dalam menjahit masa depan, ciptakan kehidupan di dalamnya bukan dengan kekuatan fasilitas saja tapi melalui kekuatan visi perusahaaan yang menjadi satu dengan jiwa para karyawan didalamnya.

tulisan ini semoga mampu membuat kita menjadi pribadi pengusaha yang tidak sekedar disapa " boss " oleh para karyawan kita, namun lebih dari pada itu, kita mampu menjadi figur "PEMIMPIN " yang  menjadi sandaran harapan dari cita-cita mereka. amien

Salam Maaf Menjelang Puasa, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Sampai Jumpa di tulisan T9 berikutnya.

Semoga bermakna ...
 
untuk mimpi " Negeri Kreatif Nusantara 2020 " 
hormat saya

TAUFAN RAHMADI
CREATIVE STRATEGY CONSULTANT
www.nusakabali.com - www.ujungpintu.com - www.nusakajakarta.co.id
mobile : 0818-036-99900
FB & YM : ujungpintu9@yahoo.com
Twitter : taufan09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar