Selasa, 17 Januari 2012

PARAMETER UNTUK MEMILIH SEORANG CALON PEMIMPIN

ass. wr.wb

dears kawan-kawan FDMN, memperhatikan topic forum akhir -akhir ini yang hangat dengan pembicaraan tentang " calon kandidat NTB 1 " , kali ini saya mencoba membahasnya dari sudut pandang yang lain berdasarkan sedikit pemahaman saya tentang apa dan siapa itu pemimpin yang saya pernah baca dari beberapa literatur, sebuah kriteria yang patut mungkin untuk kita ukur secara bersama-sama, lalu mencoba mencarinya diantara begitu banyak calon pemimpin di NTB ini.

Presiden John Quincy Adam pernah mengatakan, "If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.", artinya lebih kurang, seorang pemimpin adalah seseorang yang mampu untuk memberikan inspirasi, mampu memberikan kekuatan mimpi, mampu mendorong semngat belajar, kesemuanya dilakukan secara paripurna dan dengan kekuatan yang diatas rata-rata, kalau pribadi kita sudah bisa berbuat seperti itu, itulah pemimpin.

itu menurut John Quincy Adam, lalu setelah saya membaca beberapa literatur lagi, karena NTB ini mayoritas adalah muslim, maka kriteria pemimpin menurut islam itu adalah : beriman dan beramal saleh, berilmu, jujur, tegas dan amanah, adakah " calon 2 NTB 1 " yang sdh disebutkan tadi sudah ada  masuk kriteria itu ? saya yakin kita semua susah mengukurnya, biarkan masyarakat yang menjawabnya, apakah " calon-calon NTB 1 " itu memang sosok pemimpin "sepanjang musim " atau " semusim " saja .

lalu sekarang saya coba lebih menyentuh dunia materi dan kalkulator, baik, begini, kalau semisal usia pemilih di pilkada nanti mencapai 4 juta, dan kemudian yang akan memilih ke tps anggap saja 50 %, berarti sekitar 2 juta ( saya yakin lebih ), dan apabila untuk sebuah kampanye di anggarkan untuk atribut event saja per orang Rp.50.000, berarti angka yang bakal muncul adalah : Rp. 2.000.000 x Rp. 50.000 = 100.000.000.000 ( 100 Milyar ) bener ya, soalnya nggak pernah hitung uang sebanyak ini, pertanyaannya kemudian muncul berapakah APBN dari NTB ? seberapa kuatkah " calon-calon kandidat NTB 1 " satu tadi dari segi ekonomi ?

tulisan saya ini sepertinya sekilas membuat orang tidak mungkin menjadi gubernur,oh tidak ada maksud seperti itu,semua orang memiliki takdirnya sendiri, termasuk menjadi seorang gubernur, yang saya maksudkan disini adalah, menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, dia harus dipersiapkan dengan matang, menjadi pemimpin tidak bisa dengan instant, sosoknya harus mampu memiliki kekuatan untuk hidup dalam sanubari dan nurani rakyat.

pesan saya kepada para " calon-calon kandidat NTB 1 ", dari beberapa parameter diatas, kita semua secara sederhana bisa menganalisa dan berkaca akan kekuatan diri kita dan menjawab secara jujur kita sudah berada dimana ? dan sudahkan anda berbuat dan menghasilkan karya untuk NTB ? kalau belum,  lebih baik jangan, sekali lagi jangan, dan katakan kepada orang yang datang dan mengajak anda untuk maju, " terima kasih kawan, saya masih belum saatnya untuk maju !, pertanyaaannya adakah kita mau jujur untuk menilai diri kita sendiri ?

Soekarno, Mahatma Gandhi, John F Keneddy,  Ahmad Dinejad, dan yang terkasih Rasulullah Muhammad SAW, adalah contoh pemimpin - pemimpin yang harus kita jadikan parameter, kharismanya mampu menembus dimensi hati nurani, kesederhanaannya mampu menembus kekayaan materi, pikirannya mampu hidup di dalam setiap rakyatnya, hidupnya sudah bukan lagi untuk dirinya, hidupnya untuk bangsanya.

Gubernur kita nanti, Gubernur NTB yang akan kita pilih harus mendekati itu, tidak mungkin ? pasti ada  ! .... dan itu tidak instant


Salam Hormat
Taufan Rahmadi | T9 | www.t9acts.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar